Minggu, 19 Oktober 2008

Bagaimana “Bangsa Barat“ Menjadi Modern?

Sekitar abad ke-19 (1800 s/d 1900-an) di benua Eropa, terjadi perubahan besar dalam kehidupan masyarakat Eropa dan Amerika. Mereka yang tadinya hidup sederhana sebagai petani di ladang, berubah dengan ditemukannya mesin. Petani yang bekerja dengan cangkul, mulai menggantinya dengan mesin atau traktor.

Bersamaan dengan itu, pabrik-pabrik yang membuat mesin-mesin (industri) juga terus bermunculan. Masa itu disebut oleh sejarawan sebagai masa industrialisasi dan modernisasi. Jadi, masa industrialisasi dan modernisasi adalah masa dimana bangsa Eropa dan bangsa Amerika (sering disebut dengan “bangsa atau orang Barat”) merubah cara mereka bekerja.

Contohnya, mereka memanen hasil pertanian di masa industrialisasi dan modernisasi menggunakan mesin dan memberikan banyak keuntungan. Salah satu keuntungannya adalah panen bisa dilakukan dengan lebih cepat dan juga hasil panennya menjadi lebih banyak.

Nah, itu dulu. Kini, bangsa Barat (bangsa Eropa dan Amerika) telah menerapkan modernisasi dalam setiap sisi kehidupan. Mereka pun berubah menjadi masyarakat yang begitu modern atau maju.

Gedung-gedung tinggi menjulang, penggunaan komputer di segala bidang, dan berbagai kemajuan lainnya.

Pertanyaan?
1. Siapa sih yang disebut sebagai “Bangsa Barat”?
2. Apa yang dimaksud dengan masa industrialisasi dan modernisasi?

Tidak ada komentar: