Jumat, 07 November 2008

Suku-Suku Bangsa Pengembara

Teman-teman, sejumlah suku bangsa di tanah air kita, seperti suku Dayak di pedalaman Kalimantan, merupakan penduduk nomaden. Mereka tidak menetap di suatu tempat pada waktu yang lama. Mereka berpindah-pindah mengikuti ladang terakhir yang baru dibuka.

Tahukah kamu di belahan dunia lain ada juga penduduk yang suka berpindah-pindah seperti suku Dayak? Bahkan, ada yang mengembara hingga melewati batas negara. Siapa saja mereka? Inilah beberapa diantaranya.

Gipsi
Suku bangsa Gipsi dapat kita temukan di berbagai belahan Asia, Eropa, dan Amerika Utara. Mereka aslinya berasal dari India. Karena orang Eropa keliru menyangka mereka berasal dari Mesir,mereka dinamai Gipsi. Tapi, mereka menyebut diri mereka orang Roma. Bahasa sehari-hari mereka disebut bahasa Romani.

Badui
Jangan keliru! Badui ini beda dengan suku Badui di Jawa Barat. Arab Badui adalah suku bangsa pengembara di gurungurun pasir di Semenanjung Arabia. Mereka berpindah-pindah sambil menggembalakan domba dan hewan ternak lainnya. Mereka
hidup di tenda-tenda yang terbuat dari kulit kambing atau unta.

Lapp
Lapp adalah suku bangsa nomaden di Skandinavia bagian utara. Mereka hidup di wilayah yang meliputi sejumlah negara, yaitu Norwegia, Swedia, Finlandia dan Rusia. Wilayah tempat tinggal mereka disebut Sennoscundia.
Suku bangsa Lapp biasanya hidup berpindah-pindah mengikuti kawanan reindeer, yaitu binatang sejenis kijang. Mereka terkenal dengan pakaiannya yang berwarna-warni.

Masai
Masai adalah suku bangsa nomaden di Afrika Timur. Mereka hidup dengan mengembalakan ternak. Menginjak usia remaja, anak laki-laki meninggalkan keluarganya untuk berlatih berperang. Mereka tidak boleh menikah hingga selesai bertugas sebagai satria.

Tidak ada komentar: